Bali Menerima Lowongan CPNS 2013

alowongan

Bali, Menara-FM.com -- Di provinsi Bali hanya ada 3 Pemda yang mendapatkan izin dari KemenPAN-RB untuk melaksanakan penerimaan CPNS baru. Dan ketiga pemkab tersebut yaitu Kabupaten Jembrana, Kabupaten Karangasem, serta Kota Denpasar.

Pada awalnya Pemerintah Provinsi Bali di tahun 2013 ini memiliki rencana untuk melakukan penerimaan CPNS sebanyak 330 CPNS yang nantinya dapat menempati sejumlah formasi yang ada pada bidang kesehatan, pendidikan, serta tenaga teknis lainnya.

Berdasarkan yang telah diungkapkan oleh I Ketut Rochineng, Kepala Badan Kepegawaian Daerah Bali, bahwa pihak darinya telah mengusulkan usulan kebutuhan pegawai kepada pihak KemenPAN-RB dengan jumlah sebanyak 330 formasi, dari sekian banyak jumlah formasi tersebut mayoritas akan dicari untuk tenaga medis serta tenaga pendidik.

Untuk tenaga medis itu sendiri diantaranya akan ditempatkan pada posisi bidan, perawat, dokter spesialis, dokter umum, asisten apoteker, serta tenaga sanitasi. Sedangkan untuk penempatan tenaga pendidik akan ditugaskan pada sekolah luar biasa yang dimiliki oleh pemerintah provinsi.

Berdasarkan pengakuan beliau, jika jumlah tersebut digabungkan dengan jumlah usulan dari pemerintah kabupaten/kota, maka jumlah keseluruhan formasi yang telah diusulakn oleh pemerintah Bali yaitu lebih dari 11 ribu guna mengisi kekosongan posisi PNS yang saat ini telah memasuki masa pensiun. Pihak dari pemerintah Bali sangat berharap, agar jumlah usulan yang telah direkomendasikan dapat disetujui, karena mengingat kebutuhan tenaga yang mendesak.

Sementara itu, Pemkab Badung sendiri untuk tahun 2013 ini tidak akan melakukan penerimaan CPNS baru, dikarenakan pihak pemkab Badung akan lebih memfokuskan lagi untuk menyelesaikan masalah pada penerimaan CPNS tahun 2012 yang lalu. Sama halnya dengan Pemkab Gianyar yang tahun 2013 ini tidak memiliki izin untuk melakukan perekrutan CPNS baru, telah mendapatkan sorotan dari pihak DPRD Kabupaten Gianyar. Tidak mendapatkan izin untuk menerima CPNS baru 2013 ini diakibatkan oleh tidak maksimalnya lobi BKD kepada KemenPAN-RB, pernyataan tersebut diungkapkan oleh I Gusti Ngurah Purbaya, Ketua Komisi A DPRD Gianyar.

Menurut pengakuan beliau, seharusnya BKD menjelaskan yang sebenarnya telah terjadi di Gianyar saat ini. Diamana jumlah tenaga untuk pendidik serta untuk tenaga medis jumlahnya sangatlah kurang, dikarenakan sudah ditinggalkan oleh PNS yang pensiun. Untuk saat ini, kondisi Pemkab Gianyar dapat diibaratkan tengah memakan buah simalakama, pada satu sisi tidak memiliki izi untuk melakukan penerimaan CPNS baru, satu sisinya lagi justru tengah mengalami kekurangan tenaga pegawai.

Permasalahan yang saat ini tengah terjadi pada beberapa daerah tersebut seharusnya dilaporkan secara keseluruhannya, jangan setengah-setengah. Dengan demikian, ManaPAN juga pasti akan dapat mengerti permasalahan apa yang saat ini tengah terjadi. Terkait larangan melakukan perekrutan CPNS, mengingat jumlah belanja pegawai di kabupaten Gianyar yang saat ini masih tinggi, Purbaya menjelaskan hal tersebut dapat terjadi dikarenakan penurunan dana alokasi umum. Akan tetapi disisi lain, untuk dana alokasi khusus sudah jelas peruntukannya untuk proyek pembangunan fisik. Selai itu, dana tersebut juga digunakan untuk membayar setiap gaji pensiunan.

Source : Indojobhunter.com