
Anda sangat menyukai cokelat dan kesulitan menghindari godaan? Silahkan memanjakan diri Anda sesekali, karena bila menahan diri terlalu keras, yang terjadi justru Anda akan makan terlalu banyak. Menurut sebuah penelitian, sekitar 40% wanita dan 15% laki-laki memilih kebiasaan mengemil.
Dan khusus wanita, mereka sering makan cokelat menjelang menstruasi. Riset yang dimuat dalam Journal of American Dietic Association juga mengungkap beberapa keunggulan cokelat, yaitu:
1. Mengandung katekin, antioksidan yang dipercaya dapat meningkatkan sistem daya tahan tubuh dan melindungi jantung. Para peniliti dari Belanda menyatakan cokelat pekat mengadung 4 kali katekin dibandingkan teh hitam. selain itu salah satu fungsi antioksidan adalah mencegah penuaan dini yang bisa terjadi karena polusi ataupun radiasi.
Katekin juga dijumpai pada teh meski jumlahnya tidak setinggi pada coklat. Orang tua jaman dahulu sering mempraktekkan cuci muka dengan air teh karena dapat membuat kulit muka bercahaya dan awet muda. Seandainya mereka tahu bahwa coklat mengandung katekin lebih tinggi daripada teh, mungkin mereka akan menganjurkan mandi lulur dengan coklat.
2. Cokelat mengandung sedikit cafein dan cukup banyak theobromine, yaitu nsur yang hampir sama dengan cafein. Keduanya dapat terserap ke dalam tubuh, memberikan rangsangan halus ke sistem syaraf, mempercepat detak jantung dan dapat membuat Anda terjaga.
Karena itu ketika kita terkantuk-kantuk di bandara atau menunggu antrian panjang, makan coklat cukup manjur untuk membuat kita bergairah kembali.
3. Tidak seperti anggapan umum, cokelat dalam jumlah kecil tidak akan menyebabkan migrain dan jerawat. Belum ada bukti bahwa coklat menimbulkan jerawat.
Coklat juga tidak bisa dikatakan sebagai penyebab utama munculnya plaque gigi karena plaque gigi juga bisa timbul pada orang yang mengkonsumsi makanan biasa sehari-hari. Cokelat mempunyai agen antibakteri untuk mencegah terjadinya plak pada gigi.
Hanya saja coklat perlu diwaspadai, khususnya bagi orang-orang yang rentan menderita batu ginjal. Konsumsi 100 g coklat akan meningkatkan ekskresi oksalat dan kalsium tiga kali lipat. Oleh karena itu kiat sehat yang bisa dianjurkan adalah minumlah banyak air sehabis makan coklat.(dikutip dari perempuan.com)


Twitter
Myspace
Digg
Del.icio.us
Reddit
StumbleUpon
Furl
Yahoo
Technorati
Googlize this
Facebook

