Unik, Situs Arkeologi di Laos ini Berbentuk Seperti Guci!

adaguci

Info Unik, Menara-FM.com -- Ada banyak situs arkeologi yang menarik dan unik tersebar di seluruh penjuru dunia. Kebanyakan situs arkeologi terdiri dari bebatuan atau bangunan kuno. Namun ada yang unik dari situs arkeologi yang terletak di Laos ini.

Plain of Jars adalah sebuah situs arkeologi dari zaman megalitikum di Laos. Ribuan guci megalitik tersebar di dataran Xieng Khouang di Lao PDR. Guci batu ini muncul secara berkelompok, mulai dari satu atau beberapa guci hingga sekitar 100 guci yang tersebar mengelilingi lembah dan dataran tinggi.

Xieng Khouang terletak di sebelah utara Annamese Cordillera, pegunungan utama Indocina. Penelitian tentang Plain of Jars yang dilakukan pada awal 1930-an menyatakan bahwa guci batu ini berhubungan dengan praktek penguburan prasejarah.

Para arkeolog dari Laos dan Jepang pun kemudian mengadakan penggalian. Dari penggalian ini ditemukan sisa-sisa manusia, barang-barang terkubur, dan keramik di sekitar guci batu.

Plain of Jars yang diperkirakan terbentuk pada Zaman Besi ini merupakan situs paling menarik dan penting untuk mempelajari masa prasejarah Asia Tenggara. Situs arkeologi ini bisa menjelaskan hubungan antara masyarakat pada zaman megalitik dan memberikan wawasan tentang struktur organisasi sosial Asia Tenggara pada Zaman Besi.